Saturday, May 2, 2015

Boneka Kaus Kaki Bekas

Ini sebenernya tugas prakarya anakku. Berhubung dia agak kesulitan untuk jahit menjahit, akhirnya aku turun tangan. Awalnya aku ragu bisa selesai. Soalnya sore setelah ashar baru aku kerjakan. Sedangkan besoknya harus sudah dikumpulkan. Ternyata alhamdulillah bisa selesai, dan besoknya bisa dibawa untuk dikumpulkan di sekolah.

Untungnya kaos kaki bekas di rumah belum aku buang. Jadi bisa aku pakai untuk bahan buat boneka. Untuk isinya aku ambil dari bantal kursi yang sudah jebol. Dan untuk bajunya aku pakai kain perca yang ada di rumah. Alhamdulillah aku masih simpan kain2 perca, jadi cukuplah untuk baju boneka. Berhubung untuk rambut aku ngga punya benang wolnya, akhirnya aku putuskan untuk buat boneka muslimah aja. Kepala ngga perlu pakai rambut, cukup dibuatkan kerudung untuk bagian kepala. Dan hasilnya, jadilah seperti ini.

Untuk mata, aku buatkan dari kertas melipat warna hitam. Digunting bulat berbentuk mata, dan cukup ditempel dengan lem. Beri sulaman bulu mata untuk aksen bulu mata, dan mulut dengan benang warna merah. Baju aku buat yang simpel saja seperti gamis. Bajunya ngga pake dijahit lho, tapi dilem saja. Karena waktunya yang sudah ngga cukup, dan aku sudah ngantuk banget waktu itu. Alhamdulillah, boneka kaus kaki muslimah jadi juga. Ngga nyangka jadinya lumayan lucu. Bener2 lebih dari yang aku harapkan. Akhirnya aku beri nama Amaliah (anak muslimah shalihah).

Friday, March 18, 2011

Goodie Bag Flanel Head Karakter Seri Pooh

Akhirnya nongol juga ni tas di sini... :) Ini adalah goodie bag dari bahan flanel. Tadinya sih iseng2 bikin, karena anakku suka banget sama si pooh. Eh...ternyata setelah jadi lucu juga, trus aku bikin sahabat si pooh...piglet...daan...alhamdulillah...ada yang order untuk ultah anaknya.. :) Akhirnya aku bikin juga temen2 yang lainnya...eeyore dan tiger.
Bikinnya sih ga susah, asal kitanya telaten dan punya trik2 supaya si karakter tetep sama seperti aslinya. Buat yang pingin coba bikin, next posting aku akan kasih bocorannya...tunggu n ikutin terus ya blogku... ;)

Monday, September 20, 2010

Cara Memasang Pemidangan

Untuk yang belum tau cara pasang pemidangan, di bawah ini adalah step2nya:
  1. Longgarkan terlebih dahulu sekrup pemidangan, lalu pisahkan pemidangan luar dan dalam.
  2. Pemidangan bagian dalam (lingkarannya lebih kecil) diletakkan di bawah kain, sedangkan pemidangan bagian luar (lingkarannya lebih besar) diletakkan di atas kain.
  3. Masukkan pemidangan bagian dalam ke pemidangan bagian luar sehingga kain terjepit di antara keduanya.
  4. Tarik kain dengan menggunakan kedua tangan agar kencang, lalu kencangkan sekrup pemidangan.
  5. Perhatikan pola yang akan disulam agar berada di bagian luar pemidangan yang sudah dipasang kain.


Monday, June 14, 2010

Menggambar Pola

Ada 2 cara yang biasanya digunakan untuk menggambar pola.

1. Menggambar langsung di atas kain yang akan disulam. Cara ini dilakukan di atas kain yang mudah digambar seperti blacu, dan katun. Alat yang digunakan sebaiknya pensil khusus untuk kain sehingga bekasnya mudah hilang.

2. Menjiplak gambar pola dengan kertas karbon.
Cara ini yang paling sering digunakan untuk menggambar pola sulaman. Karena lebih mudah dan aman. Kecil kemungkinan salah menggambar pola, karena kita tinggal menjiplaknya menggunakan kertas karbon khusus untuk kain.

Setelah gambar pola sulaman yang akan dikerjakan siap, selanjutnya kain kita pasang pada pemidangan. Nah..mulai deh tuh disulam kainnya... :)

Saturday, June 5, 2010

Persiapan Menyulam

Ok...lanjut lagi yuk tentang menyulam. Nah sekarang aku akan bahas mengenai apa aja yaa yang perlu disiapkan sebelum kita menyulam?

A. Alat
1. Kertas Karbon
Kertas karbon yang digunakan sebaiknya kertas karbon khusus untuk kain. Kertas karbon ini tersedia dalam berbagai warna. Kenapa harus kertas karbon ini? Karena kertas karbon ini bekasnya lebih mudah hilang. Sehingga tidak mengganggu penampilan hasil sulaman kita. Sedangkan kertas karbon hitam bekasnya sulit hilang. Selain itu juga bisa disesuaikan dengan warna kain yang kita sulam sehingga hasil sulaman kita lebih rapi dan bersih.

2. Jarum Sulam
Sebaiknya gunakan jarum khusus untuk menyulam. Bedanya dengan jarum tangan biasa adalah jarum sulam mempunyai lubang yang besar sehingga sesuai dengan ukuran benang sulam yang dipakai. Mengingat benang sulam umumnya berukuran lebih besar dari pada benang biasa.

3. Jarum Pentul
Untuk membantu kita pada saat menjiplak pola di atas kain. Gunanya untuk menahan kertas minyak yang sudah digambar dengan pola.

4. Kertas Minyak
Untuk membuat gambar pola sulaman. Menggunakan kertas minyak karena sifatnya yang transparan sehingga memudahkan kita untuk menjiplak pola.

5. Pemidangan
Untuk membantu menahan kain agar kencang, sehingga hasil sulaman rapi. Pemidangan terdiri dari berbagai macam ukuran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Pensil
Untuk menggambar desain motif sulaman yang akan dibuat. Bisa dengan pensil biasa atau pensil khusus jahit.

B. Bahan
1. Benang Sulam
Gunakan benang sulam dengan kualitas yang baik. Agar tidak mudah putus dan pudar warnanya.

2. Kain
Bisa menggunakan jenis kain apa saja.

Yup...segitu dulu postinganku hari ini. Next aku mo nulis teknik2 dasarnya menyulam ya....so..ikuti terus blogku ini! ;)


Wednesday, June 2, 2010

Menyulam

Menyulam sebenarnya sama seperti kita menggambar dan mewarnai. Bedanya di sini kita menggunakan benang. Gambar yang sudah kita buat di atas media yang akan kita kerjakan, kita beri warna dengan benang mengikuti teknik menyulam yang ada.

Selain menggunakan benang, sulam juga bisa menggunakan pita yang biasanya disebut sebagai sulam pita. Teknik menyulamnya sih nggak beda ya...hasilnya...dua-duanya sama2 bagus dan banyak disukai untuk dijadikan pemanis busana, tas, kerudung, dll.

Untuk bisa menghasilkan sulaman yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pemilihan Bahan
Karena di sini yang akan dipakai untuk menyulam adalah benang untuk sulam benang, dan pita untuk sulam pita, maka bahan yang dipilih sebaiknya bahan yang berkualitas agar tidak mudah putus juga pudar sehingga hasil sulaman yang dihasilkan berkualitas, nggak mudah rusak.

2. Teknik Dasar Menyulam
Nah...kita bisa menghasilkan sulaman yang bagus, indah jika kita paham betul teknik2 menyulam sehingga kita bisa menyulam dengan benar dengan hasil yang memuaskan.

Ok deeh...segitu dulu postinganku tentang menyulam, nanti aku akan sambung lagi di postingan yang berikutnya tentang apa aja sih yang perlu disiapin kalo mau nyulam, dan gimana teknik2nya... ;)


 

My Blog List

Term of Use

Kerajinan Tangan Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino