Friday, March 18, 2011

Goodie Bag Flanel Head Karakter Seri Pooh

Akhirnya nongol juga ni tas di sini... :) Ini adalah goodie bag dari bahan flanel. Tadinya sih iseng2 bikin, karena anakku suka banget sama si pooh. Eh...ternyata setelah jadi lucu juga, trus aku bikin sahabat si pooh...piglet...daan...alhamdulillah...ada yang order untuk ultah anaknya.. :) Akhirnya aku bikin juga temen2 yang lainnya...eeyore dan tiger.
Bikinnya sih ga susah, asal kitanya telaten dan punya trik2 supaya si karakter tetep sama seperti aslinya. Buat yang pingin coba bikin, next posting aku akan kasih bocorannya...tunggu n ikutin terus ya blogku... ;)

Monday, September 20, 2010

Cara Memasang Pemidangan

Untuk yang belum tau cara pasang pemidangan, di bawah ini adalah step2nya:
  1. Longgarkan terlebih dahulu sekrup pemidangan, lalu pisahkan pemidangan luar dan dalam.
  2. Pemidangan bagian dalam (lingkarannya lebih kecil) diletakkan di bawah kain, sedangkan pemidangan bagian luar (lingkarannya lebih besar) diletakkan di atas kain.
  3. Masukkan pemidangan bagian dalam ke pemidangan bagian luar sehingga kain terjepit di antara keduanya.
  4. Tarik kain dengan menggunakan kedua tangan agar kencang, lalu kencangkan sekrup pemidangan.
  5. Perhatikan pola yang akan disulam agar berada di bagian luar pemidangan yang sudah dipasang kain.


Monday, June 14, 2010

Menggambar Pola

Ada 2 cara yang biasanya digunakan untuk menggambar pola.

1. Menggambar langsung di atas kain yang akan disulam. Cara ini dilakukan di atas kain yang mudah digambar seperti blacu, dan katun. Alat yang digunakan sebaiknya pensil khusus untuk kain sehingga bekasnya mudah hilang.

2. Menjiplak gambar pola dengan kertas karbon.
Cara ini yang paling sering digunakan untuk menggambar pola sulaman. Karena lebih mudah dan aman. Kecil kemungkinan salah menggambar pola, karena kita tinggal menjiplaknya menggunakan kertas karbon khusus untuk kain.

Setelah gambar pola sulaman yang akan dikerjakan siap, selanjutnya kain kita pasang pada pemidangan. Nah..mulai deh tuh disulam kainnya... :)

Saturday, June 5, 2010

Persiapan Menyulam

Ok...lanjut lagi yuk tentang menyulam. Nah sekarang aku akan bahas mengenai apa aja yaa yang perlu disiapkan sebelum kita menyulam?

A. Alat
1. Kertas Karbon
Kertas karbon yang digunakan sebaiknya kertas karbon khusus untuk kain. Kertas karbon ini tersedia dalam berbagai warna. Kenapa harus kertas karbon ini? Karena kertas karbon ini bekasnya lebih mudah hilang. Sehingga tidak mengganggu penampilan hasil sulaman kita. Sedangkan kertas karbon hitam bekasnya sulit hilang. Selain itu juga bisa disesuaikan dengan warna kain yang kita sulam sehingga hasil sulaman kita lebih rapi dan bersih.

2. Jarum Sulam
Sebaiknya gunakan jarum khusus untuk menyulam. Bedanya dengan jarum tangan biasa adalah jarum sulam mempunyai lubang yang besar sehingga sesuai dengan ukuran benang sulam yang dipakai. Mengingat benang sulam umumnya berukuran lebih besar dari pada benang biasa.

3. Jarum Pentul
Untuk membantu kita pada saat menjiplak pola di atas kain. Gunanya untuk menahan kertas minyak yang sudah digambar dengan pola.

4. Kertas Minyak
Untuk membuat gambar pola sulaman. Menggunakan kertas minyak karena sifatnya yang transparan sehingga memudahkan kita untuk menjiplak pola.

5. Pemidangan
Untuk membantu menahan kain agar kencang, sehingga hasil sulaman rapi. Pemidangan terdiri dari berbagai macam ukuran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Pensil
Untuk menggambar desain motif sulaman yang akan dibuat. Bisa dengan pensil biasa atau pensil khusus jahit.

B. Bahan
1. Benang Sulam
Gunakan benang sulam dengan kualitas yang baik. Agar tidak mudah putus dan pudar warnanya.

2. Kain
Bisa menggunakan jenis kain apa saja.

Yup...segitu dulu postinganku hari ini. Next aku mo nulis teknik2 dasarnya menyulam ya....so..ikuti terus blogku ini! ;)


Wednesday, June 2, 2010

Menyulam

Menyulam sebenarnya sama seperti kita menggambar dan mewarnai. Bedanya di sini kita menggunakan benang. Gambar yang sudah kita buat di atas media yang akan kita kerjakan, kita beri warna dengan benang mengikuti teknik menyulam yang ada.

Selain menggunakan benang, sulam juga bisa menggunakan pita yang biasanya disebut sebagai sulam pita. Teknik menyulamnya sih nggak beda ya...hasilnya...dua-duanya sama2 bagus dan banyak disukai untuk dijadikan pemanis busana, tas, kerudung, dll.

Untuk bisa menghasilkan sulaman yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pemilihan Bahan
Karena di sini yang akan dipakai untuk menyulam adalah benang untuk sulam benang, dan pita untuk sulam pita, maka bahan yang dipilih sebaiknya bahan yang berkualitas agar tidak mudah putus juga pudar sehingga hasil sulaman yang dihasilkan berkualitas, nggak mudah rusak.

2. Teknik Dasar Menyulam
Nah...kita bisa menghasilkan sulaman yang bagus, indah jika kita paham betul teknik2 menyulam sehingga kita bisa menyulam dengan benar dengan hasil yang memuaskan.

Ok deeh...segitu dulu postinganku tentang menyulam, nanti aku akan sambung lagi di postingan yang berikutnya tentang apa aja sih yang perlu disiapin kalo mau nyulam, dan gimana teknik2nya... ;)


Hobi Yang Menghasilkan

Membuat kerajinan tangan merupakan hobi yang menyenangkan bagi mereka yang memang punya hobi di bidang yang satu ini. Meskipun terkadang membutuhkan waktu yang lama dan ketelatenan serta ketelitian dalam mengerjakannya. Tapi setelah kerajinan tangan yang dibuat selesai, biasanya ada kepuasan tersendiri bagi si pembuatnya. Apalagi jika hasil karyanya disukai orang lain.

Hobi yang satu ini selain bisa menjadi pengisi waktu luang, juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Tidak jarang mereka2 yang sukses berbisnis kerajinan tangan ini memulai usahanya tanpa sengaja. Dari sekedar menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang, tanpa diduga kerajinan tangan yang dibuat disukai banyak orang dan ternyata laku dijual.

Aku termasuk salah satu yang punya hobi di bidang ini, dan memulai usahaku dari hobi ini. Tapi usahaku ini belum apa-apa dibandingkan mereka2 yang sudah lebih dahulu memulai usaha yang berawal dari hobi ini. Aku banyak belajar dari buku2 kerajinan tangan yang ada. Awalnya aku coba2 buat mengikuti apa yang aku pelajari dari buku. Tidak sulit...mungkin karena aku memang hobi ya jadi bener2 enjoy.

Sampai sekarang aku masih suka hunting buku-buku tentang kerajinan tangan. Rasanya kalau liat ada buku kerajinan tangan yang menarik, udah deh....bisa bela-belain nggak jadi beli yang lain...dan koleksi buku2 kerajinan tanganku makin hari makin bertambah aja :)

Nah, supaya apa yang aku pelajari dari buku2 itu nggak mubazir, aku pengen berbagi di sini. Mungkin ada dari teman2 yang juga punya hobi yang sama dan tertarik untuk belajar buat kerajinan tangan, atau....ada yang pengen berbisnis tapi belum punya ide mau bisnis apa? Mudah2an di sini aku bisa bantu buat yang lagi cari2 ide bisnis yaaa.......;)


 

My Blog List

Term of Use

Kerajinan Tangan Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino